Rabu, 08 Januari 2020

MU Treble Winners, Kejadian Sangat Tak Terlupakan

Related image
Tim Manchester United Saat Memenangkan Liga Champions 1998-1999
Sumber: https://cdn0-production-images-kly.akamaized.net/aUkweyT9XumyR9B8TZjWZkbaxkI=/640x360/smart/filters:quality(75):strip_icc():format(jpeg)/kly-media-production/medias/718631/original/1407372663515_wps_8_Manchester_United_manager.jpg

Tepat pada hari Rabu, tanggal 26 Mei 1999 Manchester United mencatatkan kejadian yang sangat bersejarah bagi dunia persepakbolaan. Kala itu MU berhasil menempatkan namanya sebagai tim sepak bola pertama asal Inggris yang berhasil meraih 3 gelar utama sekaligus dalam satu musim yaitu: English Premier League, FA Cup, dan UEFA Champions League atau yang biasa disebut gelar "The Treble Winners".

Bahkan hingga saat ini pun MU masih menjadi satu-satunya tim sepak bola Inggris yang mampu meraih gelar kejayaan tersebut. Dalam sejarahnya MU menempatkan posisi namanya pada urutan keempat yang berhasil meraih gelar Treble Winners dalam sejarah sepak bola dunia. 

berikut daftar urutan tim sepak bola yang pernah meraih gelar Treble Winners:

1. Celtic FC, 1966-1967 (Skotlandia)
2. AFC Ajax, 1971-1972 (Belanda)
3. PSV Eindhoven, 1987-1988 (Belanda)
4. Manchester United, 1998-1999 (Inggris)
5. FC Barcelona, 2008-2009 (Spanyol)
6. Inter Milan, 2009-2010 (Italia)

Proses dramatis bersejarah Manchester United kala meraih gelar Treble Winners dimusim 1998-1999

English Premier League:

Proses pertama diawali dari kancah Liga Inggris yang dimana pada EPL musim itu MU sempat terkalahkan sebanyak tiga kali oleh Arsenal - Sheffield - Middlesbrough. Setelah kekalahan ketiga MU melewatkan seluruh pertandingan selanjutnya tanpa kekalahan sedikit pun, hanya saja dibumbui sedikit pertandingan skor berkacamata.

Menjelang akhir musim, MU berada diposisi pertama ditempel oleh rivalnya, Arsenal dengan selisih satu poin saja. Saat pertandingan terakhir MU akan bertemu dengan rival sekota Arsenal, yaitu Tottenham.

Banyak yang menyangka permainan Tottenham tidak akan terlalu membahayakan lini pertahanan MU. Namun, kenyataannya Tottenham berhasil membuat lini pertahanan MU bergetar dengan gol pembuka dari pemainnya. Selang beberapa menit kemudian David Beckham melancarkan tendangan kerasnya hingga skor berubah menjadi 1-1. Hanya sekitar 4 menit sebelum peluit ditiup untuk akhir babak pertama Andy Cole berhasil mengobrak-abrik pertahanan lawan sehingga menghasilkan gol sekaligus menghantarkan Manchester United menjadi juara EPL musim 1999. Trofi pertama telah sukses didapatkan oleh MU sebagai syarat untuk meraih gelar Treble Winners.

Saksikan full pertandingan Liga Inggris Manchester United vs Tottenham 1998/1999 https://www.youtube.com/watch?v=1NdTJq8lB9k

FA Cup:

Didalam kompetisi FA Cup Manchester United memiliki jadwal pertandingan yang lebih ekstrem, pasalnya MU akan menghadapi tim-tim besar seperti Liverpool (Ronde keempat), Chelsea (Ronde keenam), dan Arsenal (Semifinal). Namun beruntungnya MU sukses melibas seluruh tim-tim besar tersebut.

MU berhasil mendaki ke babak Semifinal berkat mengalahkan Arsenal disemifinal dengan skor 2-1 yang dicetak oleh David Beckham dan solo run dari Ryan Giggs.

Di pertandingan Final MU bertemu dengan Newcastle di Stadion Wembley. MU berhasil memenangkan pertandingan dengan skor telak 2-0. masing-masing gol dicetak oleh Teddy Sheringham dan Paul Scholes yang kemudian memberikan Manchester United piala FA Cup. Hanya tinggal satu langkah lagi untuk meraih gelar Treble Winners dengan memenangkan Liga Champions.

Tonton ulang pertandingan FA Cup Manchester United vs Newcastle 1998/1999 https://www.youtube.com/watch?v=VL8uZtyrd-4
UEFA Champions League

Setelah sukses menekuk Si Nyonya Tua asal Itali, Juventus dengan skor 2-2 dicetak oleh Roy Keane dan Dwight Yorke yang artinya MU memimpin hitungan away gol sehingga menghantarkan mereka ke Final Liga Champions.

Hanya tinggal selangkah lagi MU dapat mencatatkan sejarah sebagai tim sepakbola asal Inggris yang pernah mendapatkan gelar Treble Winners. Pada pertandingan penentu di Final MU bertemu dengan tim besar asal Jerman, Bayern Munich dan disinilah sejarah besar terjadi yang tidak akan bisa dilupakan oleh semua orang.

Pada menit-menit awal jalannya pertandingan, salah satu pemain Bayern Munich, Mario Basler mencetak gol kegawang MU sehingga skor berpihak kepada Munich 1-0. angka itu bertahan sampai menit-menit akhir babak kedua berkat penyelamatan-penyelamatan gemilang kiper MU, Peter Schmeichel.

Alex Ferguson memutuskan untuk memasukan Teddy Sheringham menggantikan Jesper Blomqvist di menit 67 dan Ole Gunnar Solksjaer masuk menggantikan Andy Cole di menit 81. Layaknya Tuhan utus mereka sebagai upaya dapat membangkitkan momentum MU untuk merebut kemenangan.

Memasuki menit-menit akhir 89. Dilihat dari tribun para pendukung Manchester United, terlihat raut wajah mereka sangat sedih. Sebaliknya, para pendukung Bayern Munich sangat bahagia seperti sudah tahu akan memenangkan pertandingan tersebut. Seketika berubah mimik wajah penonton ketika Manchester United berhasil menyamakan kedudukan di waktu yang sangat krusial itu.

Waktu yang ditunggu-tunggu oleh para fans MU diseluruh dunia. Pada menit 90 MU berhasil menjebolkan gawang Munich berkat umpan Beckham hingga didapatkan bola oleh Giggs lalu diumpan lagi kepada Teddy Sheringham dan ditembak bola masuk ke dalam gawang. GOL skor 1-1.

Segera setelah kick off, Manchester United mendapat tendangan sudut lagi. Beckham kembali mengambilnya, kemudian Sheringham menyundul bolanya ke arah Solskjaer dan disepak olehnya tepat masuk ke arah gawang. GOL skor 2-1 di menit 93.

Sontak mengejutkan dunia, MU berhasil melakukan comeback dalam waktu yang sangat singkat dengan cara yang sangat dramatis. Mereka benar-benar membuktikan bahwa pepatah "Nothing is Impossible" dan "Comeback is Real" adalah nyata.

Alhasil mereka berhasil meraih tiga gelar utama English Premier League, FA Cup, dan Champions League dan dinobatkan sebagai tim pertama asal Inggris yang sukses meraih gelar Treble Winners. Disisi lain, Ferguson diberikan julukan "Sir" hingga dikenal sebagai Sir Alex Ferguson.

Musim 1998-1999 adalah pencapaian yang luar biasa bagi Manchester United dan sejarah dunia sepak bola. Kejadian yang sudah berpuluh-puluh tahun itu masih sangat membekas diingatan seluruh fans MU dan mereka akan terus mengingatnya.

Image result for pemain mu peraih treble winners
Ferguson Bersama Piala Treble Winners Manchester United
Sumber: https://cdn.idntimes.com/content-images/community/2019/01/dwbg5hjvmaap-yk-f1c3d4e34f3e564f7f57b29cb3b9af96.jpg


Klik link untuk tonton pertandingan dramatis Liga Champions Manchester United vs Bayer Munich 1998-1999 https://www.youtube.com/watch?v=RqCQgH38J8M

3 komentar: