Kamis, 09 Januari 2020

Cerita Pilu Proses Kecelakaan Pesawat yang Mengangkut Tim Manchester United

Related image
Banner Peringatan Tragedi Munich
Sumber: https://panditfootball.com/content/uploads/2015/02/Munich-DIsaster.jpg

The Munich Disaster, itulah kalimat yang disebut-sebut sebagai peristiwa tragis yang menimpa tim Manchester United beserta staff. Dengan memakan korban hingga 20 orang tewas beserta beberapa pemain, staff dan rombongan lainnya, tragedi ini menjadi sejarah kelam bagi dunia sepakbola khususnya tim Manchester United.

Berawal dari pertandingan perempat final Piala Eropa. MU bertandang ke Yugoslavia melawan Klub Red Star Belgrade. Dalam laga itu MU meraih hasil seri 3-3 namun tetap lolos karena hasil agregat gol kandang MU di Old Trafford dengan skor 2-1. Artinya skor agregat dari dua laga tersebut jika dikalkulasikan menjadi 4-3 kemenangan untuk MU.

Tidak dapat berpanjang lebar untuk merayakan kemenangannya itu, MU harus cepat pulang ke Rumahnya dikarenakan dalam waktu dekat akan ada pertandingan Liga Inggris berikutnya. Untuk membawa rombongan pulang, pihak klub menyewa pesawat Airspeed Ambassador milik British European Airways (BEA). Total ada 44 orang yang berada di dalam pesawat nahas tersebut termasuk para penggawa MU.

Related image
Tragedi Munich 6 Februari 1958
Sumber: https://asset.kompas.com/crops/sEunyPcnJJl99bW5rSLtBbJMN4c=/121x124:757x548/750x500/data/photo/2019/02/06/474995316.JPG

Dari sinilah proses Tragedi Munich dimulai. Bermula ketika pesawat kehabisan bahan bakar dan berniat landing darurat untuk mengisi bahan bakar yang habis itu di bandara Munich-Reim, Jerman Barat. Setelah terisi penuh, rupanya pesawat memiliki gangguan pada mesinnya.

Sang Pilot, Kapten James Thain dan Kopilot, Kenneth Rayment mereka bersikukuh untuk kembali melanjutkan penerbangan karena tidak ingin terlambat jadwal dan enggan menginap di Munich. Sempat mencoba lepas landas sampai dua kali tetapi tidak berhasil, akhirnya mereka tetap mengambil resiko untuk upaya lepas landas yang ketiga kalinya.

Pada saat lepas landas ketiga kalinya, salju mulai lebat turun dan lumpur mulai melapisi ujung landasan. Tragedi benar-benar terjadi, Pesawat itu oleng tak terarah melewati ujung landasan lalu menabrak pagar pembatas bandara dan akhirnya sayap pesawat membentur rumah terdekat hingga hancur lebur.

Sebanyak 20 orang tewas seketika dalam tragedi nahas tersebut. Mereka sempat dibawa ke Rumah Sakit terdekat sebelum akhirnya dinyatakan meninggal dunia.

Berikut adalah nama-nama pemain MU yang tewas dalam Munich Disaster:
1. Geoff Bent
2. Roger Byrne
3. Eddie Colman
4. Duncan Edwards
5. Mark Jones
6. David Pegg
7. Tommy Taylot
8. Liam "Billy" Whelan

Beberapa staff yang ikut menjadi korban:
1. Walter Crickmer
2. Tom Curry
3. Bert Whelley




3 komentar:

  1. Ini keren sih bikin artikel tentang Emyu, lanjutkan United Army!!

    BalasHapus
  2. Waw detail informasinya, bagus nih!

    BalasHapus
  3. Wah penggemar MU harus baca nih yang kaya gini gini nih!

    BalasHapus