Kamis, 02 Januari 2020

Megahnya Sejarah Klub Manchester United

Sumber: https://mlilyusa.com/wp-content/uploads/2019/07/4f4dca6f53cad74f4e08229bcff1fbe8.jpg


Manchester United atau disingkat MU oleh para fans adalah sebuah klub sepak bola papan atas asal Inggris yang memiliki kandang di Kota Manchester bernama Old Trafford. MU adalah klub Inggris pertama yang bermain di Piala Eropa dan klub Inggris pertama yang memenangkannya, dan juga mereka adalah satu-satunya klub Inggris yang pernah menjadi juara dunia Piala Dunia antar klub. Oleh sebab itu klub ini merupakan salah satu klub terbesar dan sangat professional di Inggris maupun kancah dunia

Sejarah mengatakan bahwa tidak ada kepastian yang jelas mengenai tanggal kelahiran Klub Manchester United, hal ini dikarenakan pada tanggal 11 Maret 1941 Jerman menjatuhkan bom kedaratan Inggris yang mengakibatkan Old Trafford hancur berkeping-keping sehingga menyebabkan berkas-berkas yang ada didalamnya ikut lenyap.
Namun semua orang meyakini dengan pasti bahwa kelahiran Manchester United adalah pada tahun 1878. Saat itu nama mereka bukanlah Manchester United melainkan Newton Lancashire & Yorkshire Railway yang merupakan perusahaan kereta api. Mereka bermain di Liga Sepakbola untuk pertama kalinya pada tahun 1892 namun terdegradasi dua tahun kemudian. Klub ini bangkit setelah diambil alih oleh sekelompok pengusaha lokal dan saat itulah berganti nama menjadi Manchester United serta mengadopsi baju ciri khas berwarna merah hingga terkenal sampai kini.

MU baru mengalami kesuksesan pada tahun 1950-an, setelah ditangani oleh manajer legendaris Sir Matt Busby. saat itu Busby mampu memberikan tiga gelar pada dekade 50-an, sehingga menjadikan MU klub Inggris pertama yang mampu berkompetisi di Piala Eropa. Namun pada tahun 1958 klub mengalami duka yang mendalam ketika pesawat yang membawa pulang dari pertandingan Eropa jatuh sehingga menewaskan delapan pemain utama dalam tragedi yang bernama Tragedi Munich 1958.

Busby bersama pemain besar klub, Sir Bobby Charlton yang selamat dari kecelakaan mulai membangun kembali tim yang sedang terpuruk. Dengan dukungan beberapa pemain terkenal seperti George Best dan Dennis Law MU kembali mampu memenangkan dua gelar liga pada tahun 60-an. kemudian tahun 1969 Busby menyatakan mengundurkan diri menjadi manajer Manchester United.

Setelah Busby tidak lagi menjadi manajer klub, MU menjadi seakan kurang berdaya di dunia persepakbolaan sampai pada kedatangan Sir Alex Ferguson pada tahun 1986 yang membuat MU menjadi klub yang sangat ditakuti hingga sekarang. selama hampir 3 dekade menangani MU, Ferguson telah membangun rekor fenomenal yang membawa MU memenangi lebih banyak gelar liga dibandingkan rivalnya, Liverpool.

Hingga saat ini Manchester United masih dinobatkan sebagai salah satu klub bola terbesar dan tersukses di Inggris maupun dunia walaupun terlihat lebih menciut semenjak Ferguson meninggalkan MU tahun 2013. tidak seperti pada era Ferguson, era saat ini MU disebut-sebut seperti mobil yang kehabisan bensin. Meskipun begitu para fans masih tetap yakin bahwa jati diri MU yang sesungguhnya akan kembali menampakan wujudnya di kancah dunia.

4 komentar:

  1. wah bermanfaat sekali, next sharing-sharing ttg yg lain ya!

    BalasHapus
  2. ditunggu update an Manchester United yg terbaru

    BalasHapus
  3. Wah gokil! Informasinya sangat mengedukasi niiii!

    BalasHapus