Kamis, 02 Januari 2020

Jatuh Bangun Kisah Old Trafford

Image result for stadion manchester united
Wajah Stadion Old Trafford Masa Kini
Sumber: https://i.pinimg.com/originals/f0/83/53/f083532ce26842d8d71e3197fc50b19f.png


Old Trafford adalah stadion sepakbola yang dimiliki oleh Klub bola terkenal asal Inggris, Manchester United. Lapangan ini telah sah dimiliki oleh MU sejak tahun 1910 dan diberikan nama julukan The Theatre of Dreams oleh legenda MU, Sir Bobby Charlton. Stadion ini salah satu stadion terindah dan termegah di Inggris yang mempunyai kapasitas hingga puluhan ribu kursi penonton. Kandang MU ini dibangun oleh arsitek terkenal yang bernama Sir Archibald Leitch yang juga membangun markas dari Chealsea, Everton, Middlesbrough, Tottenham Hotspur, Rangers F.C, serta Southampton.

Dahulu kala tahun 1941-1949 stadion ini sempat terbengkalai tidak bisa digunakan karena mengalami kerusakan besar akibat dibom oleh pasukan Jerman saat Perang Dunia Kedua. Faktanya saat itu, kubu Manchester United harus berbagi stadion dengan rival sekotanya Manchester City di stadion Maine Road.

The Theatre of Dreams juga sering mendapat kesempatan menjadi tuan rumah pada ajang-ajang Internasional seperti pertandingan semi-final Piala FA, markas timnas sepakbola Inggris dikala stadion Wembley sedang dalam renovasi, Piala Dunia FIFA 1966, Euro 1996, Final Liga Champions 2003, serta menjadi markas untuk beberapa pertandingan sepakbola pria dan wanita di Olimpiade 2002 saat Inggris menjadi tuan rumah.

Stadion ini memiliki kapasitas sekitar 76.000-an kursi penonton yang dinobatkan sebagai stadion sepakbola terbesar kedua  di Inggris setelah stadion Wembley. pada awalnya hanya Old Trafford yang diberikan rating 5 bintang UEFA, namun dalam 3-4 tahun mendatang stadion Wembley dianggap juga telah memenuhi syarat sebagai stadion dengan rating 5 bintang UEFA.

Tahun 1910 Old Trafford resmi menjadi markas baru Manchester United yang awalnya saat ketua Manchester United saat itu, John Henry Davies membeli tanah senilai 60 ribu Dollar. Stadion yang dirancang oleh Sir Archibald Leitch memakan dana sekitar 30 ribu Dollar hingga rampung. pada awalnya stadion ini direncanakan akan dapat menampung lebih dari 100.000 ribu penonton, namun pada akhirnya kapasitas resminya tercatat 76.212 penonton.

Pertandingan pertama Manchester United di kandang barunya itu melawan Liverpool yang dilaksanakan pada tanggal 19 Februari 1910 dan saat itu United harus menerima kekalahan dari Liverpool dengan skor 3-4 sekaligus menelan kenangan pahit pada awal jadi Old Trafford.

berikut gambar-gambar yang diabadikan saat Old Trafford masih berusia sangat muda:


Image result for peresmian old trafford
Peresmian Stadion Old Trafford Tahun 1910
Sumber: http://3.bp.blogspot.com/-rntlo0Hl0ak/UGhL6HD2QKI/AAAAAAAADZ8/Rpexj65-xDM/s1600/Peresmian+Stadion+Old+Trafford+yang+merupakan+garapan+Arsitektur+Archibald+Leitch+pada+tahun+1910.jpg


Related image
Pertandingan Pertama MU Melawan Liverpool di Old Trafford
Sumber: https://d3j2s6hdd6a7rg.cloudfront.net/v2/uploads/media/default/0001/60/thumb_59805_default_news_size_5.jpeg



Related image
Wajah Old Trafford Saat Awal Diresmikan
Sumber: http://1.bp.blogspot.com/-TObnW-9-ylY/Uccqo4TlvqI/AAAAAAAAANI/wEcCq9kaXW8/s1600/really+old+trafford.jpg


Tepat pada tanggal 11 Maret 1941 Old Trafford mengalami kehancuran yang cukup besar pasalnya dikarenakan saat Perang Dunia ke-II  pasukan Jerman menjatuhkan bom yang memorak-porandakan rakyat Inggris dan juga Theatre of Dreams. Dengan demikiran, Manchester United kehilangan markasnya sementara waktu dan harus berbagi stadion dengan rival sekotanya yaitu Manchester City di stadion Maine Road.

Semenjak dijatuhkannya bom oleh pasukan Jerman hingga berdampak pada negara Inggris menelan kepahitan inflasi yang cukup tinggi sehingga menyebabkan sulitnya MU untuk membangun kembali Stadion yang dicintainya itu. Butuh waktu hampir 9 tahun lamanya untuk membangun kembali Old Trafford yang sudah hancur lebur. Dalam waktu bersamaan itu MU harus melewatkan delapan musim Liga Utama Inggris dikandangnya sendiri. Namun berkat semangat para petinggi klub, stadion itu bangkit kembali dari keterpurukan. 


Image result for old trafford bombed
Kondisi Old Trafford Sesaat Setelah diBom Oleh Pasukan Jerman
Sumber: https://i2-prod.manchestereveningnews.co.uk/incoming/article7217352.ece/ALTERNATES/s615/WA5600340.jpg

2 komentar: